Cari Uang vs. Cari Pahala

Patutkan dua frase diatas di-versuskan?
Saya rasa tidak..
Apa gunanya kalau Anda bekerja dengan hanya bermodalkan motivasi uang tapi melukai orang lain?

Contohnya tadi pagi, saya berkendara mengantarkan adik saya bekerja. Ketika perjalanan pulang, saya melewati jalan raya yang tidak terlalu lebar, hanya cukup untuk 1 mobil arus bolak-balik, dan 1-2 motor arus bolak-balik. Itupun sedikit dipaksa. Kebetulan saya berkendara di belakang sebuah angkutan umum. Saya memang tidak berani mendahului angkutan umum karena terkadang secara mendadak mereka meminggirkan kendaraan mereka, mungkin untuk menurunkan penumpang.
Tapi di jalan raya yang cukup sempit ini, tiba-tiba saja angkutan umum meminggirkan kendaraannya secara mendadak, “nge-tem” kalau boleh dibilang, menunggu penumpang yang mungkin saja mau naik. Sontak saja pengendara motor dan mobil di belakangnya berhenti mendadak. Kemudian saya melihat si sopir, beliau cukup tua sekaligus cukup arogan. Pengendara kendaraan di belakang angkutan umum itu menunggunya sekaligus mencari sisa-sisa celah jalan di samping angkutan umum yang mendadak itu untuk meneruskan perjalanan. Saya juga mencoba melewati celah itu, kemudian saya melihat bapak itu, tetap dengan wajah arogannya membenarkan perilakunya.
Kemudian jalan itu bertemu dengan persimpangan 3 arah, kebetulan sedang lampu merah, saya berhenti, tetapi angkutan itu langsung saja nyelonong lampu merah dari jalur yang diambilnya tadi. Saya cuma bisa geleng-geleng.

Saya mungkin terlalu idealis mengenai hal ini, tapi menurut saya hanya demi kerja setoran, berkendara ngawur seperti itu, membuat pengendara si sekitarnya dalam bahaya, apa pantas?

Lalu saya berpikir, bukannya bekerja itu juga mencari untuk kepentingan nanti di kehidupan abadi berikutnya? Buat apa bekerja kalau malah menyiksa dan tersiksa? Saya bukanlah orang yang fanatik agama, namun ini adalah masalah kemanusiaan bukan? Tampak remeh namun berdampak besar. Mau jadi apa dunia jika orang-orang di dalamnya merugikan orang lain dari pekerjaannya?

Hal ini bisa dijadikan pelajaran, jika bekerja ikhlas, mengutamakan kepentingan bersama pasti akan lebih bermanfaat. Uang dapat, pahala juga dapat.

Advertisements
This entry was published on February 1, 2014 at 9:21 am and is filed under mypost, mythought. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: